Situs Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan
Layanan Pengaduan

Asisten II Setda Kabupaten Pelalawan secara resmi membuka Laboratorium Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) tahun 2017 di Kabupaten Pelalawan
21 Desember 2017 admin
Kamis, 21 Desember 2017

Pangkalan Kerinci, 21 Desember 2017. Bupati  Pelalawan yang diwakili oleh Asisten II Setda Kabupaten Pelalawan Drs. H. Atmonadi, resmi membuka  Laboratorium Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) tahun 2017 tahap  Drum Up dan Diagnose  bertempat di Ruang Rapat Pembaharuan Kantor Bappeda Pelalawan. Hadir pada kesempatan ini para Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan LAN RI, DR. Andi Taufik, Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, H. Abdullah, Kepala Bappeda Ir. M. Syahrul Syarif, Kepala Balitbangda Pelalawan, Ir. Arizal, Kepala OPD di lingkungan Pemkab. Pelalawan, Camat se Kabupaten Pelalawan. Tampak Hadir juga para sekretaris, Kabid. OPD di Lingkungan  Pemkab. Pelalawan dan para Undangan.

Dalam sambutan Bupati Pelalawan yang dibacakan Asisten Administrasi Bidang Pembangunan Setdakab Pelalawan Drs H Atmonadi MSi mengatakan, bahwa dengan berorientasi pencapaian pembangunan tahun 2011-2016 yakni " Pembaharuan menuju kemandirian pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan", maka Pemkab Pelalawan melaksanakan pembangunan dengan pendekatan penguatan sistem inovasi dengan lima pilar inovasi. Lima pilar tersebut yakni berkembangnya ekosistem kreativitas keinovasian daerah, berkembangnya klaster industri unggulan, terwujudnya kawasan teknopolitan Pelalawan hijau, berkembangnya bisnis serta industri inovatif dan meningkatnya pemenuhan air bersih, energi bersih, transportasi hijau dan teknologi informasi dan telekomunikasi serta lingkungan yang berkualitas yang termasuk dalam mewujudkan Smart City. Selanjutnya pada periode 2016-2021, visi pembangunan Kabupaten Pelalawan lebih dipertajam dan secara eksplisit mengedepankan inovasi sebagai kata kunci keberhasilan pembangunan yakni " Inovasi menuju Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri, Aman Dan Sejahtera)".

"Visi dimaksud bermakna, dimana pembangunan didorong upaya gerakan dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Pelalawan uyang mandiri dalam ekonomi, aman dan sejahtera dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Bahkan tidak hanya sekedar mewujudkan 5 pilar sistem inovasi daerah, Pemkab Pelalawan juga benar-benar menjadikan inovasi sebagai napas dari setiap langkah pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan masyarakat," ujarnya.

Lanjutnya, inovasi pelayanan publik atau pun inovasi administrasi negara yang telah dikembangkan dan pratekkan selama ini, masih banyak kelemahan dan jauh dari kesempurnaan. Pasalnya, inovasi ini dikembangkan tanpa metode dan konsep serta mekanisme yang memenuhi kaidah akademis.  Beliau menambahkan melalui pelaksanaan laboraturium inovasi administrasi negara (Inagara) tahun 2017 ini, maka tentunya akan mendorong dan mengakselerasi tumbuhnya inovasi pada organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Pelalawan yang pada akhirnya akan membangun spirit Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewujudkan Pelalawan Emas.

Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif menambahkan, tujuan laboraturium inovasi administrasi negara tahap Drum Up dan Diagnose ini adalah menginspirasi pengambilan kebijakan dan menggalang dukungan untuk berinovasi serta menggali ide-ide inovasi, baik yang berangkat dari permasalahan yang dihadapi maupun untuk mewujudkan visi.  LAN RI siap mendukung Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam peningkatan kapasitas pemerintahan sehingga menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai salah satu laboratorium pengembangan inovasi administrasi negara di Indonesia. Terkait Laboratorium Inagara, Kabupaten Pelalawan merupakan satu-satunya Daerah di Riau yang didampingi LAN RI. 

Kepala Bappeda menambahkan bahwa Laboratorium inovasi ini diikuti oleh setiap masing organisasi perangkat daerah (OPD) dan kegiatan dilaksanakan selama dua hari yang dimulai dari tanggal 21-22 Desember. Kegiatan laboraturium inovasi administrasi negara tahap  Drum Up dan Diagnose bekerjasama dengan tim pusat inovasi tata pemerintahan LAN RI. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah mendorong dan mengembangkan inovasi pelayanan publik dan inovasi kerja pada setiap Perangkat Daerah di Pelalawan. Pelaksanaan inovasi ini bahkan dijadikan instrumen mengevaluasi kinerja Pejabat di lingkup Pemda Pelalawan.

Komentar


...

aplikasi

wwwwww