Situs Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan
Layanan Pengaduan

Bupati Pelalawan dan Kepala LAN RI tandatangani Nota Kesepahaman terkait Kajian Kebijakan Peerintahan, Peningkatan dan Pengembangan Kapasitas, Inovasi Administrasi Negara dan Pendidikan Tinggi
19 Desember 2017 m. syahrul syarif
Selasa, 19 Desember 2017

Jakarta, 19 Desember 2017. Pemerintah Kabupaten Pelalawan melakukan kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia terkait Kajian Kebijakan Peerintahan, Peningkatan dan Pengembangan Kapasitas, Inovasi Administrasi Negara dan Pendidikan Tinggi. Kerjasama tersebut disepakati dalam suatu Nota Kesepahaman yang ditandatangani Bupati Pelalawan dan Kepala LAN paa Tangal 19 Desember 2017 bertempat di Gedung Lembaga Administrasi Negara Jl. Veteran Jakarta. Hadir pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut antara lain Sekretaris Utama LAN, Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara LAN, Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan, Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik, Kepala Pusat Promosi Inovasi dan Pengembangan Kapasitas, Kepala Pusat Kelembagaan da Sumberdaya Aparatur, Kepala BAPPEDA Kab. Pelalawan dan Kepala Balitbang Kab. Pelalawan. Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto, M.Si.


Kepala LAN RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa LAN RI siap mendukung Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam peningkatan kapasitas pemerintahan dan menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai salah satu laboratorium pengembangan inovasi administrasi negara  (INAGARA) di Indonesia. Terkait Laboratorium INAGARA, Kabupaten Pelalawan merupakan satu-satunya Daerah di Riau yang didampingi LAN RI.

Sementara itu Bupati Pelalawan dalam sambutannya menyampaikan ucapaan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan dan pendampingan yang diberikan LAN RI. Menurut Bupati Pelalawan, sebagai implementasi Visi Pembangunan Kab. Pelalawan Tahun 2016-2021, Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah mendorong dan mengembangkan inovasi pelayanan publik dan inovasi kerja pada setiap Perangkat Daerah di Pelalawan. Pelaksanaan inovasi ini bahkan dijadikan instrumen mengevaluasi kinerja Pejabat di lingkup Pemda Pelalawan. Saat ini terdapat 46 inovasi perangkat daerah yang telah dijalankan. Namun demikian inovasi adminsitrasi negara yang dikembangkan tersebut masih banyakmkelemahan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itulah dalam inovasi terus digali dan terus berkembang  dengan metode, konsep dan mekanisme yang sesuai kaidah akademis, maka diperlukan masukan, saran dan imbingan yang terstruktur dari LAN RI. Bupati Pelalawan juga menyampaikan arti penting dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani tersebut yakni bahwa Pemda Pelalawan tentu akan mendapat manfaat yang sangat penting, selain pengembangan inovasi administrasi negara, juga peningkatan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan, analisis dan kajian kebijakan yang telah dan akan diambil Pemda Pelalawan, bahkan peningkatan pengelolaan pendidikan tingginyang saat ini sudah dimulai di Kabupaten Pelalawan. Bagi LAN sendiri dengan kerjasama ini dapat menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai Laboratorium Lapangan dalam pengembangan kebijakan administrasi negara di Indonesia.

Selanjutnya, sebagai tindak lanjut Nota Kesepahaman tersebut, maka pada Tanggal 21 - 22 Desember 2017 akan diselenggarakan pembekalan dan persiapan Laboratorium INAGARA pada tahapan drum up dan diagnosa. Kegiatan ini akan dipandu oleh Tim  Ahli dari LAN dan akan diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah termasuk Kecamatan. Turut diundang pada acara ini unsur legislatif, agar kebijakan pengembangan inovasi adminsitrasi negara ini kemudian mendapat dukungan dari DPRD Pelalawan. Acara pembekalan dan penyiapan laboratorium INAGARA dilaksanakan di Kantor BAPPEDA Pelalawan.

Komentar


...

aplikasi

wwwwww