Situs Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan
Layanan Pengaduan

PEMBUKAAN FORUM SKPD KABUPATEN PELALAWAN TAHUN TAHUN 2016
21 Maret 2016 Admin
Senin, 21 Maret 2016

Pangkalan Kerinci, Bupati Pelalawan HM. Harris membuka secari resmi Forum SKPD Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 bertempat di ruang Rapat Pembaharuan Kantor Bappeda. Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Pelalawan Tengku Mukhlis, Ketua DPRD Pelalawan Nazaruddin, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Bappeda Ir. M. Syahrul Syarif, Kepala SKPD, Kantor, Camat di lingkungan Kabupaten Pelalawan, Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutan Bupati Pelalawan HM. Harris mengatakan untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, efisien dan efektif di bidang perencanaan pembangunan daerah, diperlukan adanya tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah, sebagaimana diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.       

Penyelenggaraan tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana daerah dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah dan bawah-atas.

Forum SKPD merupakan bahagian dari tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan Prioritas Kegiatan Pembangunan  yang dituangkan dalam Rencana Kerta atau Renja SKPD dan bermuara pada Rencana Kerja Pemerintah daerah atau RKPD dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau R-APBD.

Saya mengharapkan seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan sebagaimana diatur di dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, ditambah mekanisme lain, benar-benar menjamin keterlibatan semua elemen masyarakat untuk menyampaikan saran dan usulan dalam penyusunan Perencanaan Pembangunan di daerah ini.

Sebagaimana telah kita lakukan pada tahun 2015 yang lalu bahwa kita menyelenggarakan Dialog dengan Perangkat Desa, Perangkat Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita dan Pihak Perusahaan di beberapa daerah, dan telah melakukan forum SKPD ditingkat wilayah / daerah, salah satu tujuannya dalam rangka mendapatkan masukan langsung dari masyarakat  luas   terhadap permasalahan yang dihadapi, peluang dan tantangan yang ada, serta kebutuhan pembangunan yang mendesak dan penting. Disamping tetap terjalinnya komunikasi dua arah antara masyarakat dan Pemerintah Daerah, forum semacam ini perlu dilakukan sesering mungkin, sehingga partisipasi di dalam pembangunan menjadi lebih luas dan berkualitas.

Forum SKPD yang dilaksanakan dalam 2 hari ini saya nilai sangat penting dalam membahas usulan Kecamatan dan mempertajam Rencana Kerja  Badan/Dinas/ Kantor/Bagian, di samping memenuhi tuntutan pendekatan aspek perencanaan sesuai perundangan berlaku, juga akan membuat Perencanaan Pembangunan semakin terarah, terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program/kegiatan dan menetapkan target capaiannya yang jelas serta logis dan mampu dilaksanakan, baik pencapaian target tahunan maupun jangka menengah lima tahunan. Kemudian juga memenuhi aspek perencanaan pendekatan politik di antaranya; berupa usulan-usulan aspirasi dari hasil reses yang dilakukan oleh Anggota Dewan yang terhormat dengan konstituennya, juga kita harapkan disampaikan dalam Forum SKPD ini untuk dipertimbangkan.

Perlu kami ingatkan kepada pihak Camat dan pihak Badan/Dinas/Kantor/Bagian bahwa pembahasan pada Forum SKPD dalam rangka menentukan Prioritas Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2017, harus mempertimbangkan dan disejalankan dengan Arah Pembangunan dan Fokus Sasaran Pembangunan Tahun 2017 yang diindikasikan di dalam Rancangan RPJMD 2016 - 2021 serta Program Pembangunan Strategis Kabupaten Pelalawan.

Dengan tidak bosan-bosanya saya selalu pada berbagai kesempatan menyampaikan kemana arah pembangunan Kabupaten Pelalawan ini kita bawa dan program strategis apa yang menjadi tumpuan kita untuk mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Pelalawan itu. Dengan demikian kita akan memiliki pandangan yang sama, kita akan melangkah pada tujuan yang sama dan kita akan melakukan gerakan dan aktivitas yang sama sesuai dengan peran dan fungsi kita masing-masing.

Tujuh Program Strategis itu adalah :

  1. PELALAWAN SEHAT
  2. PELALAWAN CERDAS
  3. PELALAWAN TERANG
  4. PELALAWAN LANCAR
  5. PELALAWAN MAKMUR
  6. PELALAWAN EKSOTIS
  7. PELALAWAN INOVATIF
Ke-Tujuh Program Strategis Kabupaten Pelalawan ini harus dipahami, dimaknai dan diwujudkan secara bersama-sama, baik pemerintah daerah maupun masyarakat.

Mengakiri sambutan Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua peserta Forum SKPD dan Panitia Pelaksana, semoga menghasilkan kegiatan-kegiatan prioritas penting yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka mencapai kemandirian Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Komentar


...

aplikasi

wwwwww