Situs Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan
Layanan Pengaduan

PEMBUKAAN MUSRENBANG KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2016
23 Maret 2016 Admin
Rabu, 23 Maret 2016

Pangkalan Kerinci, Bupati Pelalawan HM. Harris membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja. Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Pelalawan Tengku Mukhlis, Ketua DPRD Nazaruddin, Unsur Forkopimda Kab. Pelalawan, Asisten dan Staf Ahli Bupati Pelalawan, Perwakilan dari Kemenpan RB, Perwakilan dari Kemendagri, Perwakilan dari Bappeda Provinsi Riau, Kepala SKPD, Kantor, Camat se Kab. Pelalawan, Tokoh masyarakat Prof. Tengku Dahril, Edi Sabli, Kepala Instansi Vertikal se Kab. Pelalawan, Perwakilan Perusahaan Swasta se Kab. Pelalawan.

Bupati Pelalawan HM. Harris dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besanya kepada semua pihak yang dengan sengaja meluangkan waktu untuk hadir  pada acara ini. Kiranya kehadiran kita ini memberikan makna dan hasil nyata dalam upaya kita mencapai kemandirian dan kesejahteraan negeri ini.

Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa pembangunan nasional dan daerah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Pembangunan dilakukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan kondisi sosial, ekonomi, budaya serta perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena menjadi tanggung jawab bersama, maka upaya pembangunan harus dirancang secara bersama pula, dilaksanakan dengan professional dan transfaran, dan diawasi dengan penuh tanggung jawab. Perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan membuka ruang seluas-luasnya untuk partisipasi yang berkualitas dari seluruh komponen masyarakat. Oleh sebab itu sebagaimana diatur di dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri  Nomor 54 Tahun 2010, bahwa setiap upaya pembangunan berbangsa dan bernegara itu harus direncanakan secara partisipatif, pada tiap jenjang mulai kelompok masyarakat terkecil, pemerintahan desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional.

Berkenaaan dengan hal tersebut, maka kita khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan harus dapat memastikan bahwa seluruh agenda pembangunan yang ada di Kabupaten Pelalawan dibahas di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan pada berbagai tingkatan dimaksud. Yang kedua Pemerintah Daerah juga harus dapat memastikan bahwa seluruh program/kegiatan yang didanai dari APBD Kabupaten Pelalawan sudah dibahas di dalam Musrenbang, termasuk mengintegrasikan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui mekanisme reses anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, serta dikombinasikan dengan kebijakan dari pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya pengalokasian anggaran pembangunan yang hanya mementingkan kelompok, bahkan individu tertentu tanpa pertimbangan dan masukan dari masyarakat luas pada forum musyawarah.

Musrenbang RKPD Kabupaten Pelalawan ini tentu saja sudah melalui berbagai tahapan, mulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Pra Musrenbang dan Forum SKPD. Suatu hal yang tidak kalah pentingnya selain Musrenbang tersebut, belakangan ini saya bersama Kepala SKPD sering turun ke Kampung – kampung, desa, kelurahan dan kecamatan berdialog langsung dengan berbagai komponen masyarakat, untuk mendengar aspirasi, keluhan, permasalahan dan kebutuhan pembangunan, yang kemudian dibahas, dicarikan solusi dan atau diteruskan sebagai bahan pertimbangan musrenbang ini. Karena bahan materi pembahasan di dalam Musrenbang ini cukup lengkap yang merupakan hasil identifikasi permasalahan dan potensi di seluruh desa/kelurahan, dan masukan seluruh komponen masyarakat, maka kita optimis bahwa  hasil ketetapan di dalam Musrenbang ini nantinya benar-benar berkualitas dan berkeadilan bagi semua.

Sasaran pembangunan pada Tahun 2017 yang akan datang adalah menyempurnakan capaian pembangunan yang telah kita laksanakan selama ini sehingga target RPJMD 2011 – 2016 dapat terwujud sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu pada Tahun 2017 nanti fokus pembangunan tetap pada pelaksanaan dan pencapaian 7 Program Strategis   yakni :

  1. Pelalawan Sehat
  2. Pelalawan Cerdas
  3. Pelalawan Terang
  4. Pelalawan Lancar
  5. Pelalawan Makmur
  6. Pelalawan Eksotis
  7. Pelalawan Inovatif
Keberhasilan dalam implementasi ke-Tujuh Program Strategis itu terus diperkuat dan diperluas, dan kekurangan yang masih dijumpai akan disempurnakan.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ( RPJPD ) Kabupaten Pelalawan pada Tahun 2011 – 2015 Adalah periode untuk memantapkan penataan pembangunan Kabupaten Pelalawan yang Sejahtera, Mandiri, Inovatif, Berkelanjutan, dan Berdaya Saing Global dengan focus utama pada memantapkan sarana dan prasarana dasar, mengoptimalkan kebutuhan dasar masyarakat, meningkatkan pelayanan prima, meningkatkan pemberdayaan masyarakat, membangun pondasi bagi pengembangan perekonomian Kabupaten Pelalawan berbasis sistem inovasi, dan meningkatkan kualitas lingkungan daerah. Sedangkan untuk Tahun 2016 – 2020 atau Prioritas RPJMD Kabupaten Pelalawan Tahun 2016-2021

Adalah periode untuk memantapkan pembangunan Kabupaten Pelalawan yang Sejahtera, Mandiri, Inovatif, Berkelanjutan, dan Berdaya Saing Global dengan fokus utama pada peningkatan ketersediaan dan kapasitas sarana dan prasarana wilayah, perekonomian yang kuat, berkualitas, ketahanan sosial dan budaya Melayu didukung oleh kapasitas pemerintahan yang baik serta daya inovasi dan kreasi dengan tetap memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan dan sumber daya alam.

Sebagaimana menjadi kendala klasik dalam pembangunan daerah, ialah terbatasnya kemampuan keuangan yang dimiliki Pemerintah Daerah, oleh sebab itu tentu saja kami memerlukan dukungan pembiayaan pembangunan dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat serta Dunia Usaha. Kita berharap kebutuhan dan dukungan pembangunan ini selain selalu diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan sendiri, kiranya juga dapat disuarakan oleh Anggota DPRD Provinsi Riau asal Pelalawan dan Anggota DPR RI Asal Riau. Kita terus menjalin komunikasi dengan pihak legislatif tersebut, agar arah dan sasaran perjuangan berada pada garis yang sama, dan dapat terwujud dengan cepat.

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya bahkan berpotensi dominan dalam pembangunan masyarakat dan daerah ini, adalah keberadaan perusahaan dengan segala sumberdaya yang dimilikinya tentu menjadi faktor yang sangat diharapkan dapat memacu kemajuan Kabupaten Pelalawan. Selama ini dukungan perusahaan sudah baik, namun masih perlu terus dimaksimalkan dan lebih penting lagi kiranya perlu ada sinkronisasi dengan program/kegiatan yang dijalankan Pemerintah Daerah.

Keberhasilan pembangunan tentu saja akan ditentukan dari sumberdaya yang digunakan baik pembiyaan, maupun sumber daya manusia yang mengelolanya, baik perencana maupun pelaksana. Pembiayaan bisa berasal dari APBD dan APBN serta dukungan Perusahaan dari berbagai program. Berkenaan dengan hal tersebut, tadi telah sama-sama kita saksikan penyerahan penghargaan terhadap Perusahaan yang telah melaksanakan Program CSR/PKBL terbaik di Kabupaten Pelalawan pada Tahun 2015. Penghargaan ini merupakan ungkapan terima kasih Pemerintah Kabupaten Pelalawan atas dukungan perusahaan dalam membangun masyarakat dan daerah selama ini, dengan harapan dukungan ini terus berlanjut dengan jumlah dan kualitas yang lebih baik. Selanjutnya terkait dengan pajabat perencana yang tadi juga diberikan penghargaan, saya mengucapkan selamat dan terima kasih, kiranya terus meningkatkan kinerja termasuk kepada Pejabat Perencana lainnya kiranya dapat bekerja secara cermat, mengikuti jadwal, dan dapat memperluas jaringan kerjasama dalam penyusunan program pembangunan di SKPD masing-masing. Perencanaan yang baik dan tepat waktu menjadi faktor kunci dalam kesuksesan penyelenggaraan pembangunan.

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, terlebih dahulu saya mengucapkan terimakasih dan selamat kepada seluruh jajaran SKPD dan DPRD Kabupaten Pelalawan yang telah suskses bersama-sama menyusun APBD tepat waktu selama beberapa tahun terakhir, semoga hal ini dapat kita pertahankan dan tingkatkan dengan pelaksanaan realisasi APBD yang tepat waktu pula.

Kemudian kepada seluruh peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan tahun 2016 ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan menyampaikan selamat melaksanakan tugas dengan baik. Semoga Forum Musyawarah ini akan membuahkan hasil gagasan-gagasan brilian yang mampu mengubah wajah Kabupaten Pelalawan ke depan lebih cemerlang terbilang dan Gemilang.

Komentar


...

aplikasi

wwwwww